Pada artikel kali ini akan membahas tentang beberapa rekomendasi gunung Pulau Jawa untuk para pendaki dan pecinta alam. Saat liburan tiba salah satu kegiatan yang cocok untuk mengisi waktu luang tersebut adalah mendaki gunung. Apalagi gunung yang ada pada pulau Jawa yang menakjubkan.

Pada puncak gunung kamu bisa menikmati matahari terbit, matahari terbenam, hingga tidur beratapkan bintang-bintang. Sederet gunung dengan pemandangan cantik ini akan membuatmu tak akan berpikir dua kali untuk liburan ke sana.

 

virtuallydrumheller.com

 

Daftar Rekomendasi Gunung Pulau Jawa

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mengenai daftar gunung pulau jawa yang cocok untuk kalian daki.

1. Rekomendasi Gunung Papandayan, Garut

Rekomendasi pertama ada Gunung Papandayan, memiliki ketinggian 2.856 meter atas permukaan laut. Gunung ini menjadi adalah salah satu pilihan gunung bagi pendaki pemula dengan sensasi petualangan yang cukup menantang. Gunung Papandayan, ada satu tempat yang menawarkan pemandangan kawah serta matahari terbit yang indah yakni Pos Pendakian Gubber Hood. Rute pendakian Gunung Papandayan cukup landai dan cenderung mudah sehingga kerap dijadikan pilihan untuk pendaki pemula.

2. Gunung Pancar, Bogor

Rekomendasi selanjutnya ada gunung Pancar, berada di daerah Sentul, Bogor, tepatnya di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Gunung Pancar diketahui memiliki tinggi sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Tak seperti Gunung Papandayan, Gunung Pancar lebih mudah didaki dengan vegetasi utama pohon pinus tidak terlalu rapat. Di Gunung Pancar pendaki pemula bisa memilih untuk melakukan trekking atau bermalam di lokasi camping tersedia.

3. Gunung Ungaran, Semarang

Gunung Ungaran menjadi salah satu gunung Jawa Tengah yang cocok untuk pemula. Puncak Gunung Ungaran ketahui berada pada ketinggian sekitar 2.050 meter atas permukaan laut. Dari basecamp hingga puncak biasanya pendaki pemula membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 12 jam saja. Dari puncak Gunung Ungaran, pendaki bisa mendapat pemandangan indah dari gugusan Gunung Telomoyo, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing.

4. Gunung Andong, Magelang

Rekomendasi selanjutnya adalah gunung Andong, salah satu gunung Jawa tengah yang banyak mendapat kunjungan dari pendaki. Puncak dari gunung Andong berada ketinggian sekitar 1.726 mdpl. Dari tempat basecamp hingga puncak biasanya pendaki membutuhkan waktu 2 jam saja. Setelah sampai puncak pendaki bisa menghabiskan malam dengan bercamping. Sambil menunggu momen golden sunrise yang indah.

5. Gunung Ijen, Banyuwangi

Rekomendasi terakhir adalah Gunung Ijen, adalah salah satu favorit para pendaki pemula. Gunung dan terkenal dengan kawahnya yang memesona yaitu Kawah Ijen. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.386 mdpl dengan rute yang mudah untuk kalian tempuh sehingga direkomendasikan untuk pendaki pemula. Jalur pendakian tidak terlalu curam dan memiliki jalan yang cukup lebar sehingga pendaki tidak akan kesulitan sepanjang perjalanan.