Tips dan Cara Dasar Mendaki Gunung Bagi Pemula

Gunung merupakan salah satu destinasi wisata yang memang dijadikan rekomendasi refreshing bagi setiap orang, selain pantai dan laut.

Tentu bukan hanya datang ke pemukiman disekitar gunung yang saya maksud ya guys, namun di puncak gunung dan suasana di gunung itu sendiri.

Akan menjadi kepuasan tersendiri juga bagi setiap orang mencapai puncak gunung, namun dari setiap gunung yang akan kita daki ini ada beberapa aspek dan hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti yang sudah – sudah.

Dan gunung juga merupakan tempat atau alam dengan sejuta misteri atau sebagai tempat dan rumah makhluk gaib, mengapa demikian?

Karena pada dasarnya sejarah dari gunung dan alam tersebut sudah lama adanya dan merupakan tempat yang Slot Online memang sudah ada sejak beribu – ribu tahun lalu. Maka tak heran Gunung memiliki berjuta cerita mistis dan isinya.

Mencapai puncak gunung adalah pengalaman yang menakjubkan, tetapi apa yang diperlukan untuk mencapai puncak?

Pendakian gunung mencakup segalanya, mulai dari backpacking ekstrem di jalur panjang namun non-teknis, mendaki puncak, mendaki punggung bukit, hingga mendaki multi-pitch yang sulit, mendaki permukaan batu sedingin es yang mustahil.

Perjalanan dapat berlangsung beberapa bulan atau sesingkat sehari, tetapi berapa pun jarak Anda, Anda memerlukan kebugaran fisik yang layak, beberapa pengetahuan teknis dan, mungkin yang paling penting, mentalitas yang tepat untuk tantangan tersebut.

Oke jika kamu memang sudah penasaran, simak ulasan berikut ini !!

Bangun dasar-dasarnya

Pertama, bugar. Sertakan berjalan dan memanjat tangga dalam rutinitas harian Anda, tambahkan lari dan bersepeda secara teratur untuk membangun kebugaran dasar dan lakukan beban untuk memperkuat tubuh bagian atas. Juga, pergilah ke gym panjat untuk memahami dasar-dasarnya, seperti bisa menggunakan tali kekang, mengikat dan mengikat tali.

Pilih target Anda

Pertimbangkan medan apa yang ingin Anda tempuh – rute teknis, permukaan granit, pegunungan glasial, es atau pendakian campuran atau sekadar jalan-jalan. Kemudian rencanakan tujuan jangka panjang serta tetapkan rencana awal Anda.

Pendakian dinilai berdasarkan ketinggian – dalam kurung 1.000 m dari 4Kers hingga 8Kers – dan sistem kelas berdasarkan kecuraman dan keterpaparan, dengan 1 datar dan bebas risiko, 2 dan 3 peningkatan gradien dan rintangan, 4 melibatkan semua merangkak dan 5 menjadi sangat teknis dengan keterampilan panjat tebing. Nilai Alpine serupa, dari F (Facile) hingga PD, AD, D, TD hingga ED (Extrêmement Difficile).

Dapatkan perlengkapannya

Lapisi pakaian Anda, gunakan kaus kaki wol merino dan sepatu bot dengan bagian luar yang keras dan bagian dalam yang lembut yang dapat dilepas untuk membantu Anda tetap kering. Gunakan ransel yang ringan, cukup besar agar sesuai dengan kebutuhan dasarnya.

Untuk mendaki, dapatkan harness, helm, tali panjang yang tepat, dan satu set perlengkapan yang layak. Dan jika Anda akan bermain es, gunakan crampon semi-kaku 12 titik dan kapak piolet 60-90cm yang melengkung lembut.

Nah itu dia guys beberapa tips dan cara dasar mendaki gunung bagi pemula. Tentu masih banyak lagi hal atau aspek yang harus diperhatikan ketika kita memang ingin mendaki gunung seperti menyiapkan tubuh yang sehat dan stamina yang kuat, dan membaca map atau peta terlebih dulu.

Karena memang gunung ini luas dan besar dan tak heran kita memang kamu asal mendaki dan tidak memperhatikan peta kamu akan hilang dan tersesat digunung.

Itu yang biasa nya terjadi yang dilakukan oleh para pemula dengan tidak menyiapkan kesiapan yang matang.

Tentu kita tidak ingin dong mengalami suatu insiden yang tidak diinginkan ketika refreshing? yang tadinya ingin refreshing, healing malah menjadikan suatu berita duka atau mencekam dan sedih beragam lah. Jadi biasakan perhatikan kesiapan sebelum melakukan apapun ya guys. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat